Dapo Shortcut Versi 3.2

Saat ini server Dapodik telah mengubah konfigurasi ukuran data untuk pengiriman atau sinkronisasi. Misalkan kita telah perbarui data pada Peserta Didik sebanyak lebih dari 500 data, maka data tersebut tidak akan terkirim karena melebihi batas ukuran yang di tentukan oleh server Dapodik. Kita bisa cek kendalanya pada log sinkronisasi pada C:\Program Files (x86)\Dapodik\dataweb\synch_dikdas\log, disitu kita akan menemukan error 413 yang artinya Request Entity Too Large atau sederhananya jika server mengonfigurasi data dengan ukuran 1mb maka ketika kita mengirim data sebesar 2mb akan ditolak.

Terkait hal tersebut diatas, admin tidak tahu apakah pengembang Dapodik akan mengembalikan konfigurasi seperti sebelumnya, atau tetap seperti sekarang ini. Jika konfigurasi akan tetap seperti ini, admin telah membuatkan Dapo Shortcut menjadi versi 3.2 dengan fitur baru yaitu membatasi proses update desa kelurahan dengan maksimal 300 data bagi peserta didik yang banyak seperti ada 1000, kemudian lakukan sinkron dan kembali update data lagi dan sinkron lagi. Jadi kita menyicil, tidak sekaligus semua di proses yang akan menyebabkan melebihi batas yang ditentukan server Dapodik.

Silakan Download file terbarunya, lalu copykan filenya ke "C:\Program Files (x86)\Dapodik\dataweb\apps\web".

Kemudian buka web browser dan tuliskan laman localhost:5774/dapo.php, ketika sudah terbuka silakan masukan NPSN dan pilih menu Update Desa/Kelurahan kemudian tekan tombol proses. Setelah proses selesai dan sebelum melakukan proses selanjutnya, pastikan kita sudah melakukan Login terlebih dahulu aplikasi dapodik pada web browser yang sama.

Kemudian silakan pilih Opsi Update String Desa/ Kelurahan, disini kita pilih string yang akan disimpan pada database. Jika memilih opsi Dengan Tulisan Desa/ Kelurahan maka data Desa/ Kelurahan akan tersimpan seperti contoh: Desa/Kel. Baranangsiang, jika memilih opsi Tanpa Tulisan Desa/ Kelurahan maka data akan tersimpan: Baranangsiang.

Kemudian silakan pilih berapa data yang akan di proses, contoh maksimal memilih 300. Selanjutnya klik pada tombol Update All dan tunggu hingga proses selesai.

Jika terdapat status siswa yang gagal update, bisa dikarenakan data awal antara Desa/Kelurahan berbeda/ tidak sinkron dengan data Kecamatan Atau bisa karena data awal Desa/Kelurahan tidak valid dalam penulisannya. Bagi data yang gaga update akan tampil tombol edit, kita bisa klik tombol edit dan masukan alamat desa kelurahan dengan benar langsung di dapo shortcut tanpa update melalui Aplikasi Dapodik.

Semoga bisa bermanfaat, tetap semangat. Terimakasih atas dukungannya dan sampai jumpa pada posting selanjutnya.

Dapo Shortcut Versi 3.2
Download Tutorial

Disclaimer: Artikel dan pengembangan ini bukan bertujuan untuk mengajak melakukan updating data diluar prosedur. Untuk pengembangan ini sudah teruji, terlepas dari itu Admin tidak bertanggung jawab dari penyalahgunaan atau apapun yang timbul dari pemakaian aplikasi ini.{alertWarning}

5 Komentar

  1. Trimakasih pak aplikasinya sangat bermanfaat. Semoga ditambah untuk menu2 lainnya

    BalasHapus
  2. aplikasinya sangat bermanfaat, trima kasih

    BalasHapus
  3. saya sudah ikuti langkah yg dijelaskan, namun tidak ada data siswa yang muncul untuk diupdate, mohon solusi.

    BalasHapus
  4. Minta tolong pak ditambahkan untuk edit Hobby dan Cita-cita, terima kasih banyak sebelumnya, semoga berkah ilmunya

    BalasHapus
  5. Terima Kasih Pak, ini yg saya temui kmrin, jd saya gunakan perbaikannya bertahap. tp sudah diperbaiki juga aplikasi ini, dan sangat baik

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak