Aplikasi Buku Induk Siswa

buku induk siswa

Aplikasi Buku Induk Siswa versi 3.0 berbasis excel untuk Sekolah Dasar (SD) yang bisa membantu kita untuk memudahkan pencatatan buku induk. Aplikasi yang mudah digunakan, sederhana namun dengan fitur yang unik. Silakan download filenya dibawah artikel ini.


Fitur Aplikasi Buku Induk Siswa

Aplikasi sederhana yang terdapat beberapa fitur, diantaranya fitur aplikasi buku induk ini kita bisa menggunakan foto digital pada buku identitas. Kemudian dalam aplikasi ini kita bisa menyimpan data induk siswa untuk/ sampai 6 tahun, jadi kita bisa menyimpan data induk dimulai siswa kelas 1 sampai siswa tersebut lulus hanya dalam satu aplikasi. Lalu dalam aplikasi ini kita bisa print buku induk siswa tiap tahun tanpa tercetak blanko yang kosong, jadi untuk satu lembar A4 adalah data satu tahun pelajaran.


Penggunaan Aplikasi Buku Induk Siswa

Karena aplikasi buku induk ini tipe macro, maka silakan pilih enable macro pada notifikasi.

Menu Home

Tahap awal kita lengkapi data dahulu pada sheet Home. Pada isian ** hanya sekali pengisian saja, kita isikan data kelas awal yang akan kita entrikan, misal kita akan entri kelas 2 saat ini/ tahun ini, maka isikan kelas 2. Pada isian ** juga hanya sekali pengisian yaitu isi tahun pada semester ganjil saat ini yaitu kelas 2 saat ini. Kemudian pada isian KKM akan otomatis tahun pelajarannya terisi, silakan isikan KKM-nya sesuai tahun pelajaran.

Menu Data, Pelengkap dan Jasmani

Pada menu ini cukup jelas, silakan datanya dilengkapi. Perlu diperhatikan jika setelah entri data selesai ada siswa mutasi keluar, maka data siswa tersebut jangan dihapus. Atau setelah entri data selesai ada siswa mutasi masuk, maka simpan datanya dipaling bawah. Ini berlaku juga pada menu lainnya seperti nilai. Pada menu jasmani silakan isikan pada tahun berjalan atau tahun yang sudah terlewat.

Menu Foto

Pada menu ini kita bisa upload foto siswa awal masuk di kolom foto masuk dan foto ketika keluar pada kolom foto keluar. Caranya kita cukup pilih cell-nya saja pada setiap tulisan 2x3, nanti akan tampil dialog kemudian pilih foto yang akan di masukan. Foto akan otomatis menyesuaikan ukuran cell.

Menu Pengetahuan, Keterampilan, Ekskul dan Kepribadian

Untuk entri nilai pada setiap menu ini kita tentukan dahulu tahun pelajaran dan semester, silakan pilih pada form yang telah di sediakan. Ketika kita sudah memilih tahun pelajaran dan semester, tabel otomatis akan menampilkan nilai pada tahun pelajaran tersebut jika sudah ada nilai tersimpan.

Karena ketika kita memilih tahun pelajaran dan semester akan menampilkan nilai pada tahun pelajaran tersebut, maka setiap kita selesai mengentrikan nilai atau perubahan jangan lupa untuk menyimpannya ke database dengan cara pilih/ klik tombol SAVE sebelum mengganti menu tahun pelajaran.

Tombol RESET DB digunakan untuk menyetel ulang atau menghapus semua nilai pada semua tahun pelajaran. Silakan klik kemudian masukan angka yang diminta dan klik OK untuk melanjutkan proses penghapusan.


Cetak Buku Induk

Untuk mencetak buku induk kita bisa mulai dari sheet Cover, pada sheet ini silakan sesuaikan lagi design/ layoutnya dan silakan untuk ganti logo.

Kemudian pada sheet Induk adalah daftar siswa yang terdata pada buku induk. Sheet Buku 1 adalah data identitas individu peserta didik, kita bisa print satu per satu siswa atau banyak siswa sekaligus.

Pada sheet Buku 2.1 dan Buku 2.2 adalah daftar nilai siswa pada buku induk, silakan pilih untuk print di salah satu sheet. Cukup pilih salah satu sheet saja antara Buku 2.1 atau Buku 2.2.

Aplikasi Buku Induk Siswa Versi 3.0
Download Tutorial

5 Komentar

  1. adakah Contoh Aplikasi Surat Keluar dan Masuk SD dilengkapi dangan Datebase Surat Undangan, Surat Mutasi, Surat Keterangan, Surat Keputusan dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pengaplikasian semua belum ada.. mungkin bisa diusakan

      Hapus
  2. Bisa dibuatkan aplikasi buku induk untuk SMK bang ?

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak