Dapo Shortcut Versi 5.2 - Jadwal Pembelajaran Anti Bentrok

Dapo Shortcut Versi 5.2

Yang baru pada Dapo Shortcut Versi 5.2 ini terdapat menu Jadwal Pembelajaran anti bentrok, kemudian fitur baru pada menu Rekap Penerima Bantuan. Untuk instalasinya sama dengan versi 5 sebelumnya dan silakan download file Dapo Shortcut terbaru dibawah artikel ini.


Menu Jadwal Pembelajaran

Dalam membuat jadwal pembelajaran langsung di dapodik sering kita dapati kendala jam pelajaran bentrok. Menyikapi hal itu biasanya kita membuat dahulu jadwal pembelajaran di aplikasi lain semisal microsoft excel agar mudah mendeteksi dini jam pelajaran yang betrok. Namun pada menu baru Dapo Shortcut di versi ini kita bisa membuat jadwal anti bentrok yang hasilnya langsung tersimpan di database dapodik.

Pilih Ruang dan Guru

Dalam menu Jadwal Pembelajaran kita mulai dari pilih ruang dahulu, kemudian pilih guru dalam ruang tersebut. Untuk pilih warna hanya opsional diperuntukkan agar kita lebih awas melihat tatanan jam pelajaran. Disarankan pilih warna yang soft. Tombol Hapus Semua Warna untuk mensetting ulang atau menghapus semua setting warna yang ada.

Membuat Jadwal

Selanjutnya pilih/ klik cell pada tabel sesuai yang akan kita masukan jam pelajarannya, contoh kolom hari senin dan baris pembelajaran ke satu. Setelah itu akan muncul popup lalu masukan jumlah jam pelajaran contoh empat, kemudian pilih tombol Simpan. Maka otomatis pembelajaran ke satu sampai empat akan terisi.

Menghapus Jadwal

Pilih cell pada tabel yang sudah terdapat jam pelajaran, maka otomatis akan muncul konfirmasi menghapus jadwal kemudian pilih tombol Hapus. Lakukan hal serupa untuk pembelajaran yang ingin di hapus.

Deteksi Cilukba

Jika jam pelajaran bentrok maka otomatis tabel cell akan berwarna merah dan akan muncul keterangan bentrok dengan ruangan lain ketika posisi kursor berada dalam cell. Selanjutnya kita bisa hapus data tersebut atau hapus data yang bentrok di ruang lain.


Fitur Dalam Menu Rekap Penerima Bantuan

Tampilan awal pada menu ini adalah daftar rekap penerima bantuan. Untuk mengusulkan atau membatalkan usulan silakan pilih tombol Usulkan/ Batalkan Layak PIP.

Usulan Sekolah Layak PIP

Jika siswa yang belum di usulkan layak PIP, maka akan terdapat input untuk memasukan alasan layak. Silakan isi alasan layak kemudian klik tombol Usulkan jika siswa tersebut akan di usulkan.

Batalkan Layak PIP

Tombol Batalkan akan terdapat pada siswa yang telah di usulkan sekolah layak PIP. Untuk membatalkan atau menghapus usulan sekolah layak PIP, kita langsung klik saja tombol Batalkan kemudian akan muncul pesan konfirmasi lalu pilih OK untuk melanjutkan proses.

Dapo Shortcut Versi 5.2.2
Download Tutorial

Info Versi 5.2.1 to 5.2.2:
  • Pembaruan kirim data tinggi berat badan dalam proses impor.

Info Versi 5.2 to 5.2.1:
  • Pembaruan kalkulasi sisa jam pada guru yang mempunyai lebih dari satu mata pelajaran dalam satu ruang/ rombongan belajar.
  • Perbaikan siswa yang sudah mutasi keluar masih tampil dalam daftar.
Bagi teman teman yang terlanjur copy file (yang seharusnya copy folder), maka dapodiknya akan error. Jangan instal ulang, download saja file asli index.php dapodik dan copy-kan ke direktori dapodik. Silakan Download: index.php Dapodik.{alertInfo}

3 Komentar

  1. Kalau untuk edit biodata yang tidak di kunci apakah bisa pak? seperti nama ayah, nik ortu, tahun lahir ortu

    BalasHapus
  2. Om kenapa ya di saya tidak bisa yah, untuk menginput jadwal pembelajaran pilihan untuk pilih kelas tidak ada

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak