Cara Menggabung Teks Dengan Angka Desimal Tanpa Kehilangan Separator

Menggabung teks dengan angka seperti contoh angka yang terdapat 2 desimal, maka angka desimal tidak akan selalu tampak asli dalam hasil penggabungan.

Contoh kita punya nilai 92,50 maka hasil yang akan tampil dalam penggabungan teks dengan angka itu adalah 92,5. Walaupun kita bisa menggunakan fungsi TEXT untuk mengubah format nilai yang akan kita gabungkan, namun itu akan mempengaruhi dalam regional separator karena tidak semua perangkat yang kita gunakan itu di setting dengan separator yang sama. Misal di perangkat kita settingan untuk ribuan itu menggunakan koma dan desimal menggunakan titik, belum tentu di perangkat yang lain itu sama, bisa saja ribuannya dengan titik dan desimal dengan koma.

Karena para pengguna biasanya tidak mau membulak balikan settingan, maka saya akan membagikan rumus untuk solusi mengatasi cara menggabung teks dengan angka desimal tanpa mempengaruhi regional separator.


Menggabung teks dengan angka

Contoh kita punya tabel nilai seperti ini:

Rumus Menggabung Teks Dengan Angka

Rerata dari semua nilai adalah 90,50. Jika kita menggunakan rumus biasa seperti ini

="Nilai rerata siswa : "&C6

maka hasilnya Nilai rerata siswa : 90,5 angka desimalnya menjadi 1 angka. Atau kita punya nilai 90,00 maka tidak akan ada angka desimal setelah digabungkan.

Kita bisa menambahkan fungsi TEXT dalam rumus menggabungkan, contoh:

="Nilai rerata siswa : "&TEXT(C6;"#,00")

Dan hasilnya seperti ini Nilai rerata siswa : 90,50. Dengan rumus ini memang akan tampak sama yakni angka dengan 2 desimal, namun jika regional separatornya berbeda dengan perangkat yang lain maka hasilnya akan seperti ini Nilai rerata siswa : 91. Hal ini karena rumus yang kita tuliskan pada fungsi TEXT adalah "#,00" yakni separator desimalnya menggunakan koma, sedangkan jika di perangkan lain separator desimalnya menggunakan titik maka tentu hasilnya berbeda.


Menggabung teks dengan angka tanpa mempengaruhi separator

Agar desimal selalu tampak setelah digabungkan dengan teks walaupun berbeda pengaturan separatornya, maka kita tambahkan fungsi FIXED. Fungsi ini akan memperbaiki pembulatan angka pada argumen yang kedua. Contoh penggunaanya seperti gambar dibawah:

Rumus Menggabung Teks Dengan Angka

Pada cell A11 terdapat rumus penggabungan teks dengan angka yang menambahkan fungsi FIXED.

="Nilai rerata siswa : "&FIXED(C6;2)

Dari rumus penggabungan diatas hasilnya akan selalu menampilkan nilai desimal yang kita atur dalam argumen yang kedua yaitu 2 desimal. Fungsi FIXED mengonversi angka menjadi teks, membulatkan ke angka desimal tertentu. Seperti format Angka yang tersedia di ribbon tab Home, fungsi FIXED akan membulatkan angka sesuai kebutuhan menggunakan angka desimal yang diberikan. Perbedaan utama antara menerapkan format angka dan menggunakan FIXED adalah bahwa fungsi FIXED mengonversi angka menjadi teks, sedangkan format angka hanya mengubah cara angka ditampilkan.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak