Solusi Lupa Password Admin eRapor

eraporsd

Lupa password adalah fenomena umum yang dialami oleh banyak orang. Ada beberapa alasan mengapa kita bisa lupa, dalam hal lupa password biasanya karena kita terlalu banyak data autentikasi dengan password yang berbeda-beda, apalagi jika password hanya tersimpan dalam form login, yang dikemudian waktu kita hanya klik login saja.


Solusi Lupa Password Admin eRapor

Karena aplikasi eRapor hanya digunakan di setiap semester dan kebetulan kita pernah mengubah password eRapor, maka tidak menutup kemungkinan kita akan lupa password di semester yang akan datang.

Dalam aplikasi eRapor tidak disediakan fitur untuk Admin jika lupa password, namun kita bisa mengatasi lupa password eRapor dengan 2 cara dibawah ini:

Cara Pertama: Menggunakan Akun Guru atau Wali Kelas

Silakan login menggunakan Akun Guru atau Wali Kelas. Kemudian ke menu Ubah Password. Setelah itu ganti parameter url-nya yang semula id guru dengan Kode=admin, lengkapnya seperti ini localhost:2689/raporsd/index.php?page=Guru-Edit-User&Kode=admin.

lupa password erapor

Kemudian silakan tekan Enter. Nanti form edit data user berganti dengan akun Admin. Setelah itu kita masukan saja di form input password dengan password yang baru.

lupa password erapor

Kemudian pilih tombol SIMPAN. Jika berhasil kita akan di arahkan ke beranda. Silakan logout dan login menggunakan password Admin yang telah kita ganti tadi.


Cara Kedua: Menggunakan File PHP

Cara ini dengan menambahkan file php kedalam direktori instalasi eRapor, bertujuan agar kita bisa menambah akun Admin baru. Untuk file php-nya silakan download disini help.php. Setelah filenya berhasil di download kemudian pindahkan file help.php tersebut ke direktori C:\eRaporSD\dataweb\eraporsd\.

Sekarang buka browser dan tuliskan url localhost:2689/help.php kemudian tekan Enter. Akan tampil seperti gambar dibawah:

lupa password erapor

Setelah itu kita hanya tinggal klik tombol PROSES saja. Ketika berhasil proses akan tampil data akun Admin baru dengan Username: sdnotista dan Password: 123456. Lalu silakan klik tombol KEMBALI LOGIN untuk beralih ke halaman login. Sekarang kita masukan akun Admin yang baru saja kita buat ke halaman login.

Kita bisa mengubah akun Admin baru tadi dengan akun yang Anda kehendaki. Untuk itu silakan ke menu Data Administrator > Ubah Administrator.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak