Dapo Shortcut 2024.7 - Membuat Jadwal Pembelajaran Dapodik Anti Bentrok

Dapo Shortcut adalah aplikasi web lokal yang bisa disebut pembantu aplikasi Dapodik namun tidak pada umumnya, aplikasi ini tidak sama sekali mengakses database kecuali hanya satu blok kode yaitu ketika verifikasi impor data siswa baru untuk referensi pada kode wilayah, itupun hanya perintah SELECT dan tidak mengubah konfigurasi database sama sekali ataupun melakukan perintah langsung ke database seperti INSERT, UPDATE atau yang lainnya. Dapo shortcut hanya mengolah data dari URL Dapodik lokal, sebagai contoh Admin ambil data dari url http://localhost:5774/getInfoSync dan hasil respon dari url tersebut kemudian diolah. Dapo Shortcut juga sama sekali tidak mengirim data apapun keluar server.


Menyalin Folder daposhortcut

Dalam versi kali ini terdapat perbedaan untuk menyalin folder dapo shortcut, dimana sebelumnya kita salin ke direktori C:\Program Files (x86)\Dapodik\dataweb\apps\web\, namun pada versi ini kita diwajibkan untuk menyalinnya ke folder C:\Program Files (x86)\Dapodik\dataweb\apps\web\files\.

Seperti yang kita alami bahwa Dapodik 2024.a sudah memblokir direktori sebelumnya. Namun Sangat disayangkan Kenapa hanya dapo shortcut, kenapa tidak aplikasi yang lain yang sudah jelas langsung koneksi ke database, bahkan mengubah konfigurasinya. Dapo shortcut tidak mengubah file atau kode apapun yang di distribusikan oleh dapodik, dapo shortcut hanya menambah folder saja atau hanya menambah index direktori.


Menu Baru Membuat Jadwal Pembelajaran Dapodik Anti Bentrok

jadwal dapodik anti bentrok

Berbeda dengan versi sebelumnya, kini untuk membuat jadwal pembelajaran dapodik anti bentrok lebih mudah lagi, lebih cepat maping dan lebih cepat untuk menghapusnya. Selengkapnya bagaimana cara untuk membuat jadwal pembelajaran dapodik anti bentrok, silakan cek video pada link dibawah.


Mohon diperhatikan kembali bahwa untuk menyalin folder pada versi ini berbeda, silakan salin folder daposhortcut ke C:\Program Files (x86)\Dapodik \dataweb \apps \web\files. Karena jika menyalin seperti sebelumnya itu dapodik Anda akan error.{alertError}

Dapo Shortcut 2024.7
DownloadTutorial

13 Komentar

  1. Terima Kasih Bang Danie, Sangat membantu

    BalasHapus
  2. terima kasih sangat membantu, boleh minta tambah lagi untuk edit alamat dan nama ortu atau semua yang gak di kunci bisa diakses di daposhorcut, terima kasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. edit alamat akan hadir di versi selanjutnya..

      Hapus
  3. Bang, kasus saya siswa pindahan kelas Xi terdeteksi warning salah rombel, terdaftar sebagai siswa baru, langsung saya keluarkan dari rombel nya, eh ga bisa di masuk kan ke rombel kelas Xi lagi bang, hanya bisa masuk ke rombel kelas X, mohon pencerahan nya bang. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di pindahkan lagi saja.. untuk status warning hiraukan dulu

      Hapus
  4. Untuk pindah yang salah rombel bisa gak bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Efek pernah menggunakan litedapodik, Instal ulang dapodik..

      Hapus
  5. bang template tanvah pd baru nggak bisa ya bang

    BalasHapus
  6. Untuk memasukkan guru yang belum masuk dapodik bisa ga bang?

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak